Tahap Pembuatan Wine

9 Nov 2015

Wine merupakan minuman yang berbahan anggur. Bagi sebagian orang, menikmati wine sangat tepat saat ada momen spesial. Untuk membuat wine diperlukan tahapan yang angat kompleks dan detail agar rasa wine yang dihasilkan lebih nikmat. Dalam membuat wine ada dua kategori yang perlu diperhatikan, yaitu still wine production dan sparkling wine production. Dan ilmu dalam pembuatan wine diseut dengan Oenology.

Berikut tahapan pembuatan  wine

  1.        Memanen. Tahapan pembuatan wine yang pertama adalah memanen. Pada tahap ini dipilih anggur yang memiliki tingkat keasaman, manis, dan rasa yang tepat. Dalam proses memanenpun tergantung cuaca. Agar hasil berkualitas mereka memanen anggur dengan tangan mereka sendiri tana mesin.
  2.        Penghancur buah. Tahap ini dimana anggur siap untuk dihancurkan. Saat ini penghancuran anggur menggunakan mesin. Untuk menghasilkan white wine, maka penghancuran anggur akan dipisahkan dair kulit, biji, dan dagingnya.
  3.        Fermentasi. Tahap fermentasi berlangsung selama 6-12 jam saat ditambahkan ragi. Kemudian berlanjut dengan memberikan gula. Air fermentasi tersebut akan berubah menjadi alkohol. Untuk menghasilkan rasa manis, pembuat wine akan menghentikan proses ini sebelum gula berubah menajdi alkohol. Tahap ini memakan waktu selama 10 hingga satu bulan.
  4.        Penjernihan. Setelah proses fermentasi, kemudian dimulai proses pemisahan ragi, tannis dan protein. Wine tersebut akan dipindahkan dalam bejana seperti stainless steel tank agar wine berubah menjadi jernih.
  5.        Penuaan & pengemasan. Tahap terakhir pembuatan wine memiliki 2 pilihan yaitu angsung dikemas dalam boto atau dituangkan. Proses penuaan wine akan menghasilkan rasa yang lebih halus. 

http://aduba.co/fungsi-lemak-bagi-tubuh-beserta-bahayanya.html

http://aduba.co/peralatan-outdoor-buatan-indonesia.html

http://aduba.co/cara-membuat-surat-lamaran-kerja-yang-benar.html

http://aduba.co/klasemen-liga-inggris-terbaru.html

http://aduba.co/jadwal-liga-inggris-terbaru.html

http://aduba.co/kata-kata-mutiara-tentang-kehidupan.html

http://aduba.co/kumpulan-kata-kata-bijak.html

http://aduba.co/ragam-cara-menghilangkan-ketombe.html

http://aduba.co/tips-dan-cara-menghilangkan-bau-mulut.html

http://aduba.co/kata-kata-motivasi-pilihan.html

http://aduba.co/ucapan-selamat-ulang-tahun-yang-penuh-makna.html

http://aduba.co/kata-bijak-mutiara-mario-teguh-yang-populer.html

http://aduba.co/daftar-kode-bank-seluruh-indonesia.html

http://aduba.co/kumpulan-kata-kata-mutiara-islam-yang-bijak.html

http://aduba.co/daftar-lagu-barat-terbaru.html


TAGS wine


-

Author

Follow Me